Capaian Pembelajaran Lulusan

Program Studi Magister Pendidikan Keagamaan Buddha

Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius Buddhis
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama Buddha, moral dan etika akademik
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila dan nilai-nilai Buddha Dharma
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat orisinal orang lain
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan keagamaan Buddha secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Menginternalisasi nilai-nilai ajaran Buddha (Dharma) sebagai landasan berpikir, bersikap, dan berperilaku

Keterampilan Umum

  1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah
  2. Mampu melakukan validasi akademik dalam menyelesaikan masalah di masyarakat
  3. Mampu menyusun ide dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik
  4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya
  5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu
  6. Mampu mengelola jaringan kerja dengan kolega, sejawat dan komunitas penelitian
  7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri
  8. Mampu mendokumentasikan dan menyimpan data hasil penelitian

Keterampilan Khusus

  1. Mampu mengembangkan teori, konsep, dan prinsip pendidikan keagamaan Buddha
  2. Mampu merancang dan mengelola penelitian dalam bidang pendidikan keagamaan Buddha
  3. Mampu mengembangkan inovasi dalam pembelajaran agama Buddha berbasis hasil penelitian
  4. Mampu mengembangkan dan mengevaluasi kurikulum pendidikan keagamaan Buddha
  5. Mampu merancang dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat
  6. Mampu memberikan konsultasi, pelatihan, dan pendampingan
  7. Mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengembangan keilmuan

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai filosofi, teori, konsep, dan prinsip pendidikan keagamaan Buddha
  2. Menguasai konsep dan teknik pengembangan kurikulum, pembelajaran, dan evaluasi
  3. Menguasai metodologi penelitian dalam bidang pendidikan keagamaan Buddha
  4. Menguasai konsep teoretis ilmu agama Buddha (sejarah, sumber ajaran, doktrin, ritual)
  5. Menguasai teori, pendekatan, dan strategi pengabdian kepada masyarakat
  6. Menguasai konsep kepemimpinan dan manajemen di lembaga pendidikan
  7. Menguasai konsep dan teknik penerapan teknologi informasi dan komunikasi

© 2024 Program Studi Magister PKB - STIAB Smaratungga