Capaian Pembelajaran Lulusan
Program Studi Magister Pendidikan Keagamaan Buddha
Sikap
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius Buddhis
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama Buddha, moral dan etika akademik
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila dan nilai-nilai Buddha Dharma
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta tanggung jawab pada negara dan bangsa
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat orisinal orang lain
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan keagamaan Buddha secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menginternalisasi nilai-nilai ajaran Buddha (Dharma) sebagai landasan berpikir, bersikap, dan berperilaku
Keterampilan Umum
- Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah
- Mampu melakukan validasi akademik dalam menyelesaikan masalah di masyarakat
- Mampu menyusun ide dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik
- Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya
- Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu
- Mampu mengelola jaringan kerja dengan kolega, sejawat dan komunitas penelitian
- Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri
- Mampu mendokumentasikan dan menyimpan data hasil penelitian
Keterampilan Khusus
- Mampu mengembangkan teori, konsep, dan prinsip pendidikan keagamaan Buddha
- Mampu merancang dan mengelola penelitian dalam bidang pendidikan keagamaan Buddha
- Mampu mengembangkan inovasi dalam pembelajaran agama Buddha berbasis hasil penelitian
- Mampu mengembangkan dan mengevaluasi kurikulum pendidikan keagamaan Buddha
- Mampu merancang dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat
- Mampu memberikan konsultasi, pelatihan, dan pendampingan
- Mampu menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengembangan keilmuan
Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai filosofi, teori, konsep, dan prinsip pendidikan keagamaan Buddha
- Menguasai konsep dan teknik pengembangan kurikulum, pembelajaran, dan evaluasi
- Menguasai metodologi penelitian dalam bidang pendidikan keagamaan Buddha
- Menguasai konsep teoretis ilmu agama Buddha (sejarah, sumber ajaran, doktrin, ritual)
- Menguasai teori, pendekatan, dan strategi pengabdian kepada masyarakat
- Menguasai konsep kepemimpinan dan manajemen di lembaga pendidikan
- Menguasai konsep dan teknik penerapan teknologi informasi dan komunikasi