STIAB Smaratungga Laksanakan Asesmen Lapangan untuk Program Studi Baru Seni Budaya Buddha
- 19 September 2024
7 Juni 2025 — Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha (STIAB) Smaratungga kembali menyelenggarakan webinar bertema akademik dengan judul “Metodologi Penelitian Kuantitatif, Desain dan Analisis Data: Membangun Fondasi Ilmiah yang Kokoh”. Kegiatan yang berlangsung secara daring melalui Zoom Meeting ini terlaksana dengan baik dan diikuti dengan antusias oleh peserta dari berbagai kalangan.
Webinar ini menghadirkan Lamirin, MM., M.Pd.B., seorang alumnus Program Magister Pendidikan Keagamaan Buddha STIAB Smaratungga, sebagai narasumber utama. Dalam paparannya, Lamirin menjelaskan secara komprehensif mengenai berbagai level dalam penelitian kuantitatif, mulai dari pendekatan deskriptif hingga model jalur dan SEM. Penyampaian materi yang sistematis dan komunikatif memudahkan peserta dalam memahami struktur dan tahapan penelitian kuantitatif.
Kegiatan ini dimoderatori oleh Fany Amelia Sari, S.Pd., mahasiswa Program Magister STIAB Smaratungga, yang memandu jalannya acara dengan profesional dan interaktif. Selain pemaparan materi, acara juga dilengkapi sesi tanya jawab yang dimanfaatkan oleh peserta untuk mendalami materi.
Webinar ini turut dihadiri oleh berbagai dosen dan mahasiswa STIAB Smaratungga, termasuk Wakil Ketua I Bidang Akademik, Supartono, S.Pd., M.Si., M.Pd.B. (YM Khemacaro Mahathera) yang memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini. Kehadiran para akademisi dan mahasiswa menunjukkan perhatian yang besar terhadap penguatan kemampuan metodologi riset ilmiah di lingkungan kampus.
Selain bertujuan menambah pemahaman mahasiswa tentang desain riset kuantitatif, kegiatan ini juga mendukung visi STIAB Smaratungga dalam mencetak peneliti dan akademisi yang memiliki landasan metodologis yang kuat.
Peserta yang mengikuti kegiatan ini berhak mendapatkan e-sertifikat sebagai bentuk apresiasi. Webinar ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan ilmiah yang rutin diselenggarakan oleh STIAB Smaratungga demi mendukung penguatan kompetensi akademik berbasis nilai-nilai Buddhis.