Artificial Intelligence: Mendorong Inovasi di Era Digital
- 19 November 2024
Jakarta, 7 Agustus 2025 - Dr. Partono, M.Pd., M.Pd.B., dosen Program Magister Pendidikan Keagamaan Buddha STIAB Smaratungga, dipercaya menjadi narasumber dalam kegiatan "Analisis BAB dalam Penulisan Buku Teks Utama Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Jenjang SD, SMP, SMA" yang diselenggarakan di Jakarta pada 7-9 Agustus 2025.
Kegiatan strategis ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama Republik Indonesia sebagai upaya peningkatan kualitas materi pembelajaran pendidikan agama Buddha di berbagai jenjang pendidikan dasar dan menengah.
Dalam kesempatan tersebut, Dr. Partono membawakan materi tentang "Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Penulisan Buku Teks Utama (BTU) Pendidikan Agama Buddha". Materi ini merupakan terobosan penting dalam mengintegrasikan teknologi modern dengan pendidikan keagamaan tradisional.
Sebagai akademisi yang berpengalaman di bidang pendidikan keagamaan Buddha, Dr. Partono menyampaikan berbagai pendekatan inovatif dalam memanfaatkan kecerdasan buatan untuk memperkaya konten dan metodologi penulisan buku teks pendidikan agama Buddha. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan daya tarik materi bagi generasi digital.
Kegiatan analisis BAB dalam penulisan BTU ini merupakan bagian penting dari upaya pemerintah dalam mengembangkan kurikulum pendidikan agama Buddha yang lebih komprehensif dan sesuai dengan perkembangan zaman. Analisis yang dilakukan mencakup struktur, konten, dan metodologi pembelajaran untuk jenjang SD, SMP, dan SMA.
Dr. Partono turut berkontribusi dalam diskusi mendalam mengenai pengembangan materi yang tidak hanya mempertahankan nilai-nilai luhur ajaran Buddha, tetapi juga mengadaptasi metode pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan siswa di era digital.
Keikutsertaan Dr. Partono sebagai narasumber menunjukkan pengakuan terhadap kapasitas dan kompetensi akademik STIAB Smaratungga dalam bidang pendidikan keagamaan Buddha. Sebagai dosen Program Magister Pendidikan Keagamaan Buddha, beliau memiliki keahlian yang mendalam dalam pengembangan kurikulum dan metodologi pembelajaran Buddhist.
Partisipasi ini juga merefleksikan peran aktif STIAB Smaratungga dalam mendukung kebijakan pendidikan nasional, khususnya dalam pengembangan materi pembelajaran agama Buddha yang berkualitas dan inovatif.
Materi tentang pemanfaatan AI dalam penulisan BTU yang dibawakan Dr. Partono menjadi sorotan penting dalam kegiatan tersebut. Pendekatan ini membuka wawasan baru tentang bagaimana teknologi dapat membantu dalam menyusun materi pembelajaran yang lebih efektif, interaktif, dan mudah dipahami oleh siswa.
Kegiatan tiga hari ini diharapkan dapat menghasilkan panduan dan standar baru dalam penulisan buku teks utama pendidikan agama Buddha yang akan digunakan di seluruh Indonesia. Kontribusi Dr. Partono dalam forum ini memperkuat posisi STIAB Smaratungga sebagai institusi pendidikan tinggi yang berperan aktif dalam pengembangan pendidikan Buddha di tingkat nasional.
Tim Redaksi STIAB Smaratungga